VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM UNGGULAN MI MANBA'UL FALAH

 




VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM UNGGULAN 

A.    Visi Madrasah

Visi MI Manba’ul Falah adalah :

“TERWUJUDNYA INSAN YANG RELIGIUS, JUJUR, DISIPLIN, CERDAS, PEDULI, BERKUALITAS DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Indikator Visi :

a.         Religius dengan indikator :

1)       Terwujudnya peserta didik yang tertib menjalankan ibadah wajib dan sunnah.

2)       Terwujudnya kehidupan sekolah yang agamis, dan berbudaya Islami.

3)       Terwujudnya peserta didik yang hafal dan fasih bacaan salat, gerakan salat, dan keserasian gerakan dan bacaan serta do’a-do’a harian.

4)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa berdo’a setiap memulai dan mengakhiri pekerjaan.

5)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa memberikan infaq dan shadaqah.

6)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa mengikuti acara hari besar Islam.

7)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa mengucapkan kalimat thoyibah dan salam.

8)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa membaca al-Qur’an setelah salat.

9)       Terwujudnya peserta didik yang santun dalam bertutur dan berperilaku.

10)   Terwujudnya peserta didik yang melaksanakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

11)   Terwujudnya peserta didik yang menghormati orang tua, guru dan karyawan madrasah serta masyarakat.

12)   Terwujudnya peserta didik yang terbiasa bertindak sportif, betanggungjawab, percaya diri, suka menolong dan menyayangi sesame.

13)   Terwujudnya peserta didik yang terbiasa hidup bersih dan sehat.

b.         Jujur  dengan indikator :

1)       Terbentuknya peserta didik yang tidak suka menyontek dalam mengerjakan ulangan / ujian.

2)       Terwujudnya peserta didik yang berkata dengan sebenarnya serta menyampaikan amanat kepada yang berhak.

3)       Terbentuknya peserta didik yang mau menyerahkan barang temuan kepada pemiliknya / pihak madarasah serta mengembalikan barang yang dipinjamnya.

c.          Disiplin dengan Indikator :

1)       Terwujudnya peserta didik yang taat melaksanakan tata tertib madarasah.

2)       Terwujudnya peserta didik masuk madarasah tepat waktu.

3)       Terwujudnya peserta didik pulang dari madarasah tepat waktu.

4)       Terwujudnya peserta didik memakai pakaian sesuai aturan madarasah.

5)       Terwujudnya peserta didik menggunakan peralatan madarasah dengan baik

d.         Cerdas dengan indikator :

1)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam prestasi akademik.

2)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam perolehan UN.

3)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam kesenian.

4)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam olahraga.

5)       Terwujudnya peserta didik yang dalam kreatifitas.

e.          Peduli dengan indikator :

1)       Peduli Lingkungan

a)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa membuang sampah ditempatnya.

b)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa menjaga kebersihan lingkungan.

c)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa memungut sampah di lingkungan madarasah.

d)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa memelihara tanaman dan tidak merusak tanaman.

e)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa tidak melakukan corat-coret

2)       Peduli Sosial

a)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa memberikan sebagian uang jajan untuk Senin beramal.

b)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa menjenguk orang sakit.

c)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa berta’ziah kepada keluarga dan tetangga madrasah yang meninggal.

d)       Terwujudnya peserta didik yang mau memberikan pinjaman alat tulis kepada teman yang membutuhkan.

e)       Terwujudnya peserta didik yang terbiasa memberikan santunan yatim dan sumbangan PMI.

 

f.           Berkualitas dalam IPTEK dengan indikator :

1)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam pencapaian nilai UN, UAMBN, dan UAM di atas standar minimal.

2)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam berbagai kegiatan akdemik maupun non akademik.

3)       Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

 

B.     Misi Madrasah

1.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki

2.         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut, juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak

3.         Mewujudkan pembentukan karakter ilmiah yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat

4.         Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan

5.         Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, dan transparan

6.         Menumbuhkan Pengetahuan, Penghayatan, dan Pengamalan terhadap ajaran Al Qur’an dan Hadist agar menjadi manusia yang sholih dan sholihah.

7.         Memberikan keteladanan pada siswa dalam bertindak, berbicara, beribadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist, dan pembiasaan hidup seusai dengan ajaran Ahlu Sunnah Wal Jamaah.

8.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan efektif sehingga setiap siswa bisa berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.

9.         Menumbuhkan semangat Ukhuwah Islamiyah secara intensif kepada seluruh komponen Madrasah.

10.     Mendorong dan membantu para siswa untuk menggali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal.

11.     Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah, dan menjalin hubungan sektoral dan lintas sektoral.

12.     Membekali dan menyiapkan siswa dalam menjalankan syariat Islam.

13.     Membekali dan menyiapkan siswa memiliki pengetahun dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan  yang lebih tinggi.

14.     Mendorong kemandirian siswa untuk dapat mengahadapi tantangan global.

 

C.    Tujuan Madrasah

Secara umum tujuan MI Manba’ul Falah adalah mempersiapkan dan membekali peserta didik dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan hidup mandiri dan mempersiapkan pondasi yang kokoh untuk melanjutkan pada pendidikan lebih tinggi. Yang antara lain sebagai berikut :

1.         Menyelenggarakan pendidikan yang bernuansa Islam serta memberikan landasan moral etis dalam pengembangan IPTEK dan pencerahan IMTAQ;

2.         Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;

3.         Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

4.         Meningkatkan minat dan kemampuan siswa sesuai dengan potensi dan karakteristik lingkungan daerah;

5.         Mencetak generasi muslim yang berakhlak karimah, cerdas, terampil dan berkualitas;

6.         Memberikan bekal kepada pelajar untuk mencintai tanah air dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi;

7.         Mempersiapkan siswa untuk ikut serta berperan dalam pembangunan daerah;

8.         Meningkatkan kemampuan siswa dalam toleransi dan kerukunan hidup beragama;

9.         Membekali siswa agar mampu hidup berdampingan dengan masyarakat;

10.     Mempersiapkan siswa agar mampu bersaing secara global dan hidup berdampingan dengan bangsa lain.

11.     Menumbuhkan sikap mental yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

12.     Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab, demokratis dan fleksibel

13.     Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melaui layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakulikuler.

14.     Meningkatkan prestasi akademik siswa melebihi KKM

15.     Terwujudnya peserta didik yang berkepribadian Islami baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah

16.     Pada akhir tahun pelajaran peserta didik hafal asmaul husna

17.     Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar

18.     Seluruh peserta didik sadar untuk menjalankan sholat wajib lima waktu

19.     Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap disiplin yang tinggi dalam kehidupannya

20.     Terwujudnya peserta didik yang menguasai ilmu umum dan agama sebagai bekal dan pedoman hidup sehari-hari

21.     Terwujudnya peserta didik yang siap bersaing melanjutkan pendidikan pada tingkat berikutnya sesuai dengan satuan pendidikan yang dipilihnya

22.     Terwujudnya peserta didik yang memiliki rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan

23.     Terwujudnya peserta didik yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan

24.     Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat peserta didik melalui layanan bimbingan dan konseling serta melalui kegiatan ekstrakurikuler

25.     Meningkatkan prestasi akademik peserta didik

26.     Meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di bidang seni dan olehraga lewat kejuaraan dan kompetisi.

27.     Peserta didik naik kelas 100% secara normatif

28.     Peserta didik lulus US/M 100 % dengan peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari 7,5 menjadi 8,0.

29.     Peserta didik dapat meraih juara pada lomba mapel, olah raga, dan seni ditingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi

30.     Memiliki tim yang handal dalam bidang kepramukaan

31.     Memperoleh prestasi/kemenangan dalam lomba-lomba dibidang kepramukaan ditingkat kecamatan atau ranting

32.     Peserta didik terbiasa menghargai dan menghormati kepada sesama warga madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.    Sasaran MI Manba’ul Falah

1.         Peserta didik dari kelas I s/d VI dapat bersikap dan berperilaku dalam ucapan maupun perbuatan secara Islami

2.         Peserta didik kelas I s/d VI dapat hafal do’a-do’a harian

3.         Peserta didik kelas I s/d VI hafal asmaul husna

4.         Peserta didik kelas IV s/d VI hafal surah-surah pendek dari Al Fatihah s/d As Syams

5.         Seluruh Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar

6.         Peserta didik dapat melaksanakan sholat  wajib lima waktu

7.         Semua peserta didik dapat menguasai ilmu umum dan agama sesuai dengan tingkatannya

8.         Semua peserta didik dapat mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari

9.         Peserta didik  senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan

10.     Peserta didik dapat memiliki rasa peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan

11.     Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 peserta didik dapat naik kelas 100 % secara normatif.

12.     Kelas VI dapat lulus US/M, dan UAM 100 % dengan nilai rata – rata 8,0

13.     Perolehan juara lomba mata pelajaran pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di tingkat kecamatan dan kabupaten.

 

E.     Program MI Manba’ul Falah

1.         Setiap jam 06.45.s.d 07.00 peserta didik berdo’a dan menghafal surah pendek secara bertahap dari kelas 1 s/d VI

2.         Pengumpulan infaq pada setiap hari senin

3.         Pembiasaan kedisiplinan, upacara bendera setiap hari Senin

4.         Pembiasaan mengucapkan salam

1)        Ketika bertemu sesama warga madrasah

2)        Ketika mengawali dan mengakhiri pelajaran

3)        Setiap masuk dan keluar dari ruang kantor dan ruang kelas

5.         Pembiasaan berjabat tangan peserta didik ketika :

1)        Bertemu  dengan guru

2)        Bertemu dengan sesama peserta didik ketika datang dan pulang (putri dengan putri, putra dengan putra)

3)        Berpamitan dengan bapak/ibu guru setelah jam pelajaran terakhir

6.         Pembiasaan berdo’a ketika :

1)        Akan belajar dan selesai belajar

2)        Keluar masuk kamar mandi dan WC

3)        Naik kendaraan

7.         Pembiasaan selalu mengucapkan kalimat tayyibah

8.         Membentuk guru pembimbing untuk pelajaran agama dan kegiatan keagamaan

9.         Pembiasaan selalu berpakaian seragam yang bersih dan rapi untuk semua warga madrasah

10.     Pembiasaan selalu datang tepat waktu sesuai dengan tata tertib madrasah untuk semua warga madrasah

11.     Pembiasaan selalu menjaga kebersihan kelas dan lingkungan

12.     Melaksanakan penanaman pohon dan tanaman hias di lingkungan madrasah

13.     Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM

14.     Mengadakan penambahan jam pelajaran mapel US/M untuk kelas VI

15.     Mengadakan penambahan jam pelajaran calistung untuk kelas III

16.     Mengadakan telaah SKL UM untuk guru kelas  VI

17.     Mengadakan bimbingan belajar untuk siswa lambat belajar

18.     Melengkapi buku sumber pembelajaran

19.     Melengkapi media / alat peraga pembelajaran

20.     Mengoptimalkan fungsi perpustakaan

21.     Mengadakan kegiatan KKG guru kelas tingkat satuan pendidikan, dan KKM  tingkat kecamatan dan kabupaten

22.     Menyelenggarakan evaluasi yang meliputi:

1)        Ulangan harian

2)        Ulangah tengan semester gasal dan genap

3)        Ulangan akhir semester gasal dan genap

4)        Ujian madrasah ( tulis dan praktek )

23.     Pelaporan hasil belajar

1)        Raport

2)        SKHUS/M

3)        Ijazah

24.     Menyertakan peserta didik dalam event/ lomba mata pelajaran

25.     Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi

26.     Penyelenggaraan pembinaan kegiatan kepramukaan (sebagai ekstrakurikuler wajib), olah raga dan seni  dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler

27.     Pengadaan sarana olah raga

28.     Pengadaan sarana sanggar pramuka

29.     Mengikuti kompetisi kegiatan kepramukaan ditingkat kecamatan, dan kabupaten