VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM UNGGULAN MI MANBA'UL FALAH
VISI, MISI,
TUJUAN DAN PROGRAM UNGGULAN
A.
Visi Madrasah
Visi MI Manba’ul Falah adalah :
“TERWUJUDNYA
INSAN YANG RELIGIUS, JUJUR, DISIPLIN, CERDAS, PEDULI, BERKUALITAS DALAM ILMU
PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”
Indikator Visi :
a.
Religius dengan indikator :
1)
Terwujudnya
peserta didik yang tertib menjalankan ibadah wajib dan sunnah.
2)
Terwujudnya
kehidupan sekolah yang agamis, dan berbudaya Islami.
3)
Terwujudnya
peserta didik yang hafal dan fasih bacaan salat, gerakan salat, dan keserasian
gerakan dan bacaan serta do’a-do’a harian.
4)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa berdo’a setiap memulai dan mengakhiri pekerjaan.
5)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa memberikan infaq dan shadaqah.
6)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa mengikuti acara hari besar Islam.
7)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa mengucapkan kalimat thoyibah dan salam.
8)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa membaca al-Qur’an setelah salat.
9)
Terwujudnya
peserta didik yang santun dalam bertutur dan berperilaku.
10)
Terwujudnya
peserta didik yang melaksanakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).
11)
Terwujudnya
peserta didik yang menghormati orang tua, guru dan karyawan madrasah serta
masyarakat.
12)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa bertindak sportif, betanggungjawab, percaya diri,
suka menolong dan menyayangi sesame.
13)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa hidup bersih dan sehat.
b.
Jujur dengan indikator :
1)
Terbentuknya
peserta didik yang tidak suka menyontek dalam mengerjakan ulangan / ujian.
2)
Terwujudnya
peserta didik yang berkata dengan sebenarnya serta menyampaikan amanat kepada
yang berhak.
3)
Terbentuknya
peserta didik yang mau menyerahkan barang temuan kepada pemiliknya / pihak
madarasah serta mengembalikan barang yang dipinjamnya.
c.
Disiplin dengan
Indikator :
1)
Terwujudnya
peserta didik yang taat melaksanakan tata tertib madarasah.
2)
Terwujudnya
peserta didik masuk madarasah tepat waktu.
3)
Terwujudnya
peserta didik pulang dari madarasah tepat waktu.
4)
Terwujudnya
peserta didik memakai pakaian sesuai aturan madarasah.
5)
Terwujudnya
peserta didik menggunakan peralatan madarasah dengan baik
d.
Cerdas dengan
indikator :
1)
Terwujudnya
peserta didik yang unggul dalam prestasi akademik.
2)
Terwujudnya
peserta didik yang unggul dalam perolehan UN.
3)
Terwujudnya
peserta didik yang unggul dalam kesenian.
4)
Terwujudnya peserta
didik yang unggul dalam olahraga.
5)
Terwujudnya
peserta didik yang dalam kreatifitas.
e.
Peduli dengan
indikator :
1) Peduli Lingkungan
a)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa membuang sampah ditempatnya.
b)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa menjaga kebersihan lingkungan.
c)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa memungut sampah di lingkungan madarasah.
d)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa memelihara tanaman dan tidak merusak tanaman.
e)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa tidak melakukan corat-coret
2) Peduli Sosial
a)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa memberikan sebagian uang jajan untuk Senin beramal.
b)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa menjenguk orang sakit.
c)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa berta’ziah kepada keluarga dan tetangga madrasah
yang meninggal.
d)
Terwujudnya
peserta didik yang mau memberikan pinjaman alat tulis kepada teman yang
membutuhkan.
e)
Terwujudnya
peserta didik yang terbiasa memberikan santunan yatim dan sumbangan PMI.
f.
Berkualitas
dalam IPTEK dengan
indikator :
1) Terwujudnya peserta
didik yang unggul dalam pencapaian nilai UN, UAMBN, dan UAM di atas standar
minimal.
2) Terwujudnya
peserta didik yang unggul dalam berbagai kegiatan akdemik maupun non akademik.
3) Terwujudnya
peserta didik yang unggul dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.
B. Misi
Madrasah
1.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara
efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai potensi yang
dimiliki
2.
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama
yang dianut, juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam
bertindak
3.
Mewujudkan pembentukan karakter ilmiah yang
mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
4.
Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme
pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan
5.
Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang
efektif, efisien, dan transparan
6.
Menumbuhkan Pengetahuan, Penghayatan, dan
Pengamalan terhadap ajaran Al Qur’an dan Hadist agar menjadi manusia yang
sholih dan sholihah.
7.
Memberikan keteladanan pada siswa dalam
bertindak, berbicara, beribadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist, dan
pembiasaan hidup seusai dengan ajaran Ahlu Sunnah Wal Jamaah.
8.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan
efektif sehingga setiap siswa bisa berkembang secara optimal sesuai potensi
yang dimiliki.
9.
Menumbuhkan semangat Ukhuwah Islamiyah secara
intensif kepada seluruh komponen Madrasah.
10. Mendorong dan
membantu para siswa untuk menggali potensi dirinya sehingga dapat berkembang
secara optimal.
11. Menerapkan
manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah, dan menjalin
hubungan sektoral dan lintas sektoral.
12. Membekali dan
menyiapkan siswa dalam menjalankan syariat Islam.
13. Membekali dan
menyiapkan siswa memiliki pengetahun dan keterampilan untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang pendidikan yang
lebih tinggi.
14. Mendorong
kemandirian siswa untuk dapat mengahadapi tantangan global.
C.
Tujuan Madrasah
Secara umum tujuan MI
Manba’ul Falah adalah mempersiapkan dan membekali peserta didik dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan hidup
mandiri dan mempersiapkan pondasi yang kokoh untuk melanjutkan pada pendidikan
lebih tinggi. Yang antara lain sebagai berikut :
1.
Menyelenggarakan pendidikan yang bernuansa Islam serta
memberikan landasan moral etis dalam pengembangan IPTEK dan pencerahan IMTAQ;
2.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa;
3.
Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni;
4.
Meningkatkan minat dan kemampuan siswa sesuai dengan
potensi dan karakteristik lingkungan daerah;
5.
Mencetak generasi muslim yang berakhlak karimah, cerdas,
terampil dan berkualitas;
6.
Memberikan bekal kepada pelajar untuk mencintai tanah air
dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi;
7.
Mempersiapkan siswa untuk ikut serta berperan dalam
pembangunan daerah;
8.
Meningkatkan kemampuan siswa dalam toleransi dan
kerukunan hidup beragama;
9.
Membekali siswa agar mampu hidup berdampingan dengan
masyarakat;
10.
Mempersiapkan siswa agar mampu bersaing secara global dan
hidup berdampingan dengan bangsa lain.
11.
Menumbuhkan sikap mental yang peduli terhadap lingkungan
dan masyarakat sekitar.
12.
Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota
masyarakat yang bertanggung jawab, demokratis dan fleksibel
13.
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa
melaui layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakulikuler.
14.
Meningkatkan prestasi akademik siswa melebihi KKM
15.
Terwujudnya peserta didik yang berkepribadian Islami baik
di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah
16.
Pada akhir tahun pelajaran peserta didik hafal asmaul
husna
17.
Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan
benar
18.
Seluruh peserta didik sadar untuk menjalankan sholat
wajib lima waktu
19.
Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap disiplin
yang tinggi dalam kehidupannya
20.
Terwujudnya peserta didik yang menguasai ilmu umum dan
agama sebagai bekal dan pedoman hidup sehari-hari
21.
Terwujudnya peserta didik yang siap bersaing melanjutkan
pendidikan pada tingkat berikutnya sesuai dengan satuan pendidikan yang
dipilihnya
22.
Terwujudnya peserta didik
yang memiliki rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan
23.
Terwujudnya peserta didik
yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan
24.
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat peserta
didik melalui layanan bimbingan dan konseling serta melalui kegiatan
ekstrakurikuler
25.
Meningkatkan prestasi akademik peserta didik
26.
Meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di
bidang seni dan olehraga lewat kejuaraan dan kompetisi.
27.
Peserta didik naik kelas 100% secara normatif
28.
Peserta didik lulus US/M 100 % dengan peningkatan nilai
rata-rata peserta didik dari 7,5 menjadi 8,0.
29.
Peserta didik dapat meraih juara pada lomba mapel, olah
raga, dan seni ditingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi
30.
Memiliki tim yang handal dalam bidang kepramukaan
31.
Memperoleh prestasi/kemenangan dalam lomba-lomba dibidang
kepramukaan ditingkat kecamatan atau ranting
32.
Peserta didik terbiasa menghargai dan menghormati kepada
sesama warga madrasah
D.
Sasaran MI Manba’ul Falah
1.
Peserta didik dari kelas I s/d VI dapat bersikap dan berperilaku
dalam ucapan maupun perbuatan secara Islami
2.
Peserta didik kelas I s/d VI dapat hafal do’a-do’a harian
3.
Peserta didik kelas
I s/d VI hafal asmaul husna
4.
Peserta didik kelas
IV s/d VI hafal surah-surah
pendek dari Al Fatihah s/d As Syams
5.
Seluruh Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik
dan benar
6.
Peserta didik dapat melaksanakan sholat wajib lima waktu
7.
Semua peserta didik dapat menguasai ilmu umum dan agama
sesuai dengan tingkatannya
8.
Semua peserta didik dapat mengimplementasikan ilmunya
dalam kehidupan sehari-hari
9.
Peserta didik senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan
lingkungan
10.
Peserta didik dapat
memiliki rasa peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan
11.
Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 peserta didik dapat naik kelas 100 % secara normatif.
12.
Kelas VI dapat lulus US/M, dan UAM
100 % dengan nilai rata – rata 8,0
13.
Perolehan juara lomba mata pelajaran pada Tahun Pelajaran
2022/2023 di tingkat kecamatan
dan kabupaten.
E.
Program MI Manba’ul
Falah
1.
Setiap jam 06.45.s.d 07.00 peserta didik berdo’a dan
menghafal surah pendek secara bertahap dari kelas 1 s/d VI
2.
Pengumpulan infaq pada setiap hari senin
3.
Pembiasaan kedisiplinan, upacara bendera setiap hari
Senin
4.
Pembiasaan mengucapkan salam
1)
Ketika bertemu sesama warga madrasah
2)
Ketika mengawali dan mengakhiri pelajaran
3)
Setiap masuk dan keluar dari ruang kantor dan ruang kelas
5.
Pembiasaan berjabat tangan peserta didik ketika :
1)
Bertemu dengan
guru
2)
Bertemu dengan sesama peserta didik ketika datang dan
pulang (putri dengan putri, putra dengan putra)
3)
Berpamitan dengan bapak/ibu guru setelah jam pelajaran
terakhir
6.
Pembiasaan berdo’a ketika :
1)
Akan belajar dan selesai belajar
2)
Keluar masuk kamar mandi dan WC
3)
Naik kendaraan
7.
Pembiasaan selalu mengucapkan kalimat tayyibah
8.
Membentuk guru pembimbing untuk pelajaran agama dan
kegiatan keagamaan
9.
Pembiasaan selalu berpakaian seragam yang bersih dan rapi
untuk semua warga madrasah
10.
Pembiasaan selalu datang tepat waktu sesuai dengan tata
tertib madrasah untuk semua warga madrasah
11.
Pembiasaan selalu menjaga
kebersihan kelas dan lingkungan
12.
Melaksanakan penanaman
pohon dan tanaman hias di lingkungan madrasah
13.
Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM
14.
Mengadakan penambahan jam pelajaran mapel US/M untuk
kelas VI
15.
Mengadakan penambahan jam pelajaran calistung untuk kelas
III
16.
Mengadakan telaah SKL UM untuk guru kelas VI
17.
Mengadakan bimbingan belajar untuk siswa lambat belajar
18.
Melengkapi buku sumber pembelajaran
19.
Melengkapi media / alat peraga pembelajaran
20.
Mengoptimalkan fungsi perpustakaan
21.
Mengadakan kegiatan KKG guru kelas tingkat satuan
pendidikan, dan KKM tingkat kecamatan
dan kabupaten
22.
Menyelenggarakan evaluasi yang meliputi:
1)
Ulangan harian
2)
Ulangah tengan semester gasal dan genap
3)
Ulangan akhir semester gasal dan genap
4)
Ujian madrasah ( tulis dan praktek )
23.
Pelaporan hasil belajar
1)
Raport
2)
SKHUS/M
3)
Ijazah
24.
Menyertakan peserta didik dalam event/ lomba mata
pelajaran
25.
Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi
26.
Penyelenggaraan pembinaan kegiatan kepramukaan (sebagai
ekstrakurikuler wajib), olah raga dan seni
dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler
27.
Pengadaan sarana olah raga
28.
Pengadaan sarana sanggar pramuka
29.
Mengikuti kompetisi kegiatan kepramukaan ditingkat
kecamatan, dan kabupaten